Sebanyak 2.010 Kantong Darah Berhasil Dikumpulkan UTD RSUP Kandou Desember 2022

Meimonews.com – Guna mendukung ketersediaan darah untuk pasien RSUP Prof. Dr. DR Kandou yang membutuhkan darah, berbagai upaya dilakukan Unit Transfusi Darah (UTD) rumah sakit tersebut selang Desember 2022.

Pengumpulan darah tersebut baik yang dikumpulkan/diterima langsung di UTD RSUP Prof. Kandou (sebutan akrab RSUP Prof. Dr. DR Kandou) maupun dari UTD keliling (bekerja sama dengan lembaga/organisasi tertentu) dan PMI.

“Darah yang terkumpul adalah golongan darah A, B, O dan AB, baik darah biasa maupun trombosit aferesis,” ujar Kepala UTD Prof. Kandou dr. Stephen Lapian kepada Meimonews.com, Rabu (12/1/2022).

Dari UTD Keliling, sebutnya, sebanyak 292 kantong berhasil dikumpulkan yang terdiri dari golongan darah A 70, B 74, O 136 fan AB 12. Dari PMI, sebanyak 90 kantor yang terdiri dari  A 7, B 18, O 53 dan AB 12. Dari UTD RSUP Kandou, sebanyak 1.528 kantong berhasil dikumpulkan, yang terdiri dari golongan darah A 270, B 276, O 938 dan AB 44.

“Khusus di UTD RSUP Prof. Kandou, bukan hanya darah biasa tapi juga trombosit aferesis yakni golongan darah A 2, B 7, O 9 dan AB 7,” ujar dokter Stephen.

Dengan jumlah yang diperoleh selang Desember 2022 tersebut, maka selama tahun 2022, RSUP Prof. Kandou yang dipimpin Dr. dr. Jimmy Panelewen, Sp-B, KBD (Dirut) telah berhasil mengumpulkan/memperoleh 22.191 kantong darah.

“Atas nama Pimpinan RSUP Prof. Kandou (Pak Dirut dan Direksi lainnya), kami menyampaikan terima kasih kepada para pimpinan organisasi/lembaga termasuk dari PMI dan penggiat kegiatan donor darah yang telah bekerjasama dalam pengumpulan darah serta warga yang telah mendonorkan darahnya,” ujar dokter Stephen. (Fer)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *