Pastikan Kesehatan Tahanan, Polresta Manado Rutin Lakukan Pengawasan

Meimonews.com – Kepolisian Resort Kota (Polresta) Manado rutin menggelar pengawasan terhadap tahanan terutama berkaitan dengan kondisi kesehatan mereka.

“Pemeriksaan kesehatan tahanan merupakan bagian dari perawatan tahanan, dan hal ini dilakukan setiap hari guna memastikan kesehatan dari para tahanan,” ujar Kapolresta Manado Kombes Pol. Julianto Parlindungan Sirait kepada wartawan, Kamis (24/11/2022).

Diungkapkan, berdasarkan hasil pemeriksaan pada Kamis (24/11/2022) tidak ditemukan tahanan yang mengalami gangguan kesehatan.

Selain pemeriksaan rutin, pihaknya juga menyediakan obat-obatan serta selalu siap 24 jam ketika ada tahanan yang sakit, serta melakukan pengawalan jika ada tahanan di rujuk ke rumah sakit.

“Tenaga medis, selalu siap jika dibutuhkan, bahkan hingga pengawalan apabila tahanan di rujuk ke rumah sakit,” jelas Kombes Pol Sirait.

Kegiatan pemeriksaan ruang tahanan dan kondisi kesehatan para tahanan yang berada di ruang tahanan Polres Manado memang wajib dilakukan dan pelaksanaannya rutin dilakukan namun untuk waktunya memang dengan sistem random atau tidak teratur untuk antisipasi tahanan menghafal jadual pemeriksaan ruang tahanan.

“Pemeriksaan rutin kami lakukan namun secara acak supaya tahanan tidak mudah menghafal jadual kami untuk melakukan kegiatan. Artinya, setiap melakukan kegiatan kami lakukan secara mendadak, kadang pagi, siang bahkan malam hari,” tandasnya. (AF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *