KSM Bedah RSUP Kandou Luncurkan Buku “Terapi Hipotermia pada Cidera Otak Berat”

Meimonews.com – RSUP Prof. Dr RD Kandou Manado melalui Kelompok Staf Medik (KSM) Bedah meluncurkan buku yang berjudul Terapi Hipotermia Pada Cidera Otak Berat, Senin (31/10/2022)

Karya ini merupakan inovasi dan implementasi serta semangat tim bedah RSUP Kandou untuk memberikan informasi kepada masyarakat, lewat buku yang diterbitkan pada tanggal 25 Oktober 2022 dengan 186 halaman.

Dr. dr. Eko Prasetyo Sp.BS(K-Onko),FAACT (penulis buku) menjelaskan, penerapan terapi Hipotermia ringan (34-36 derajat Celcius) pada penderita cedera otak berat akibat trauma mengalami perbaikan klinis radiologis, dan biomarker secara nyata.

“Hal ini tercermin dari membaiknya skor FOUR dan gambaran CT Scan otak dalam dalam 72 jam. Jika dikaji lebih dalam tingkat biomarker dan genetik, kadar dan ekspresi MMP-9 sebagai marker inflamasi penting dalam kasus trauma otak juga menurun dalam 72 jam,” ujarnya di ruang bedah RSUP Prof. Kandou

Ditambahkan, tindakan hipotermia ringan menjadi neuroprotektor yang berfaedah dalam proses neuroinflamasi cedera otak akibat trauma yang beresiko tinggi.

Dokter Eko menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Direktur Utama Dr. dr. Jimmy Panelewen,SpB-KBD, bersama dewan direksi yang selalu memberi dukungan penuh atas peluncuran buku ini.

“Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan mutu,khususnya publikasi,yaitu menerbitkan buku kesehatan,dan saat ini sudah ada dua buku yang terbit,dan buku lainnya akan menyusul,”ujar dokter Eko, seperti dikutip Hukormas. (Fer)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *