Perbedaan Laptop dan Notebook

Laptop dan notebook tidaklah sama, meskipun keduanya adalah perangkat portable yang bisa dibawa kemana pun, namun ada beberapa perbedaan antara keduanya.

Okay, bahasan dimulai dari notebook. Dari segi fungsi, notebook dirancang sebagai komputer dengan kebutuhan daya yang sangat cukup untuk memungkinkan pengguna meneruskan pekerjaan sekaligus bisa memberikan hiburan (memutar musik dan film) dalam waktu bersamaan, meskipun sedang dalam perjalanan. Dari segi harga, notebook memiliki harga relatif mahal, terutama jajaran produk notebook dari merk ternama.

Dari segi performa, notebook sangat ringan, sehingga memungkinkan pengguna dapat dengan mudah membawanya kemana saja. Semakin ringan, semakin baik. Biasanya memiliki daya baterai yang cukup untuk 4 jam, serta fisik notebooknya tipis. Sebagai tambahan perangkat biasanya memiliki jumlah konektor USB yang cukup, untuk menghubungkan perangkat eksternal berupa CD/DVD. Tambahan perangkat yang biasanya sudah terpasang seperti modem (atau konektor RJ11) dan konektor LAN (RJ45) untuk jenis koneksi yang lebih kencang, dapat dengan mudah ditemukan. Dalam hal kualitas grafis, minim tapi tidak mengecewakan. Punya layar dengan ukuran bervariasi 12” – 14” dengan jejeran tuts keyboard yang cukup besar untuk digunakan sewaktu bekerja.

Untuk laptop, dari namanya sudah menggambarkan fungsinya. Laptop adalah sebuah portable komputer yang memungkinkan pengguna untuk bekerja dengan meletakannya diatas pangkuan (lap-top). Dibandingkan dengan notebook, laptop memiliki ukuran yang lebih besar dan memiliki dukungan daya yang lebih lama, dikarenakan tambahan fitur perangkat yang dipasang. Laptop standar biasanya sudah memiliki sebagian besar dari fitur dibawah ini,

  • Laptop biasanya lebih besar dan lebih berat dibandingkan notebook.
  • Menggunakan chipset grafis ternama seperti nvidia GeForce atau ATI Radeon, untuk kualitas grafis yang lebih bagus untuk kenikmatan memutar film dan main game.
  • Punya internal drive DVD-RW, modem terintegrasi, LAN, Bluetooth dan WiFi terpasang.
  • Menggunakan speaker dengan standar kualitas yang lebih baik.
  • Tuts keyboard yang lebih besar untuk menjamin kenyaman dalam bekerja.
  • Layar laptop biasanya lebih besar, sekitar 14” – 17” untuk memanjakan mata.
  • Dan sangat memungkinkan untuk di-upgrade spesifikasi standarnya.

Dari informasi singkat diatas, jelas terlihat persamaan dan juga perbedaan masing-masing portable komputer tersebut. Sebuah laptop didesain untuk memiliki semua kemampuan sebuah PC (desktop computer) namun bisa dibawa kemana saja.

Ini artikel pertama saya disini, nantikan yang lainnya. Have fun. ;)

Ilustrasi gambar: Pinoytutorial.com

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco