Beda Dual Core dan Core 2 Duo

Prosesor dual core adalah sebuah chip silikon yang memiliki 2 inti (core) pemrosesan, sedangkan Core 2 Duo adalah nama yang diberikan Intel untuk generasi selanjutnya dari jajaran produk prosesor dual core mereka.

Persaingan antara produsen prosesor semakin seru ketika kecepatan prosesor (clock speed) semakin susah untuk memperoleh angka yang lebih tinggi. Clock speed lebih tinggi, berarti kinerja prosesor lebih kencang, lebih banyak panas yang dihasilkan, dan juga berarti lebih banyak jumlah transistor yang harus ditanam kedalam satu buah chip saja. Daripada “memaksa” untuk menanam lebih banyak jumlah transistor, produsen prosesor seperti Intel dan AMD memilih untuk berpikir keluar dari jalur. Mereka menilai dengan menambah jumlah core akan lebih efisien dan faktanya performa sistem operasi (OS) memang sangat terdorong dengan prosesor jenis ini. Dua atau lebih core sangat mem-boost OS terutama untuk semua aktifitas multi-tasking (seperti services, antivirus, firewall, dll) dimana masing-masing core dapat bekerja secara independen.

Semua prosesor yang memiliki 2 core disebut sebagai prosesor dual core, terlepas dari sebutan/merk yang diberikan masing-masing produsen prosesor. Sedangkan semua prosesor yang memiliki 4 core dalam satu chip disebut quad core.

Pada awalnya, Intel menyebut jajaran produk prosesor dual core mereka sebagai Core Duo, sebutan yang cukup baik untuk menggambarkan referensi spesifikasi produk sebenarnya, sedangkan AMD menyebut prosesor dual core mereka dengan X2. Prosesor dual core milik Intel ini sebenarnya adalah 2 buah prosesor Pentium III yang digabungkan menjadi satu buah chip. Dalam produksi prosesor Intel selanjutnya setelah Core Duo, Intel ingin memberikan perbedaan dengan memberikan nama Core 2 Duo dibanding menggunakan nama Core Duo lagi.

Pada dasarnya perbedaan antara prosesor dual core dan prosesor Core 2 Duo hanyalah berada pada ruang lingkup arti nama Core 2 Duo itu sendiri, yang adalah sebutan untuk rilis produk (family) terbaru dari jajaran prosesor dual core milik Intel. Jika diterjemahkan sebagai prosesor single core, maka Core Duo adalah Pentium I, dan Core 2 Duo adalah Pentium II. AMD menggunakan nama berbeda untuk mengidentifikasi setiap generasi prosesor mereka.

Kesimpulannya:

  1. Dual core adalah julukan yang ditujukan untuk semua prosesor yang memiliki 2 buah core dalam 1 chip.
  2. Core 2 Duo adalah barisan produk selanjutnya dari prosesor dual core milik Intel.
  3. Dual core prosesor lainnya selain Core 2 Duo adalah Core Duo milik Intel dan seri X2 milik AMD.
  4. Semua prosesor Core 2 Duo adalah dual core, namun tidak semua prosesor dual core adalah Core 2 Duo.

Ilustrasi gambar: nextcomp.de

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: